Monday, January 14, 2013

Sungai Musi

Panjang sungai musi adalah mencapai 750 km. Sungai musi merupakan salah satu dari sungai terpanjang di Indonesia. Sejak masa  jaman kerajaan Sriwijaya, sungai  musi sudah terkenal sebagai media perhubungan utama masyarakat. Di tepi tempat pariwisata palembang indonesia yang berupa sungai ini terdapat beraneka ragam tempat prasarana masyarakat seperti pelabuhan boom baru, benteng kuto besak dan museum sultan mahmud badaruddin II.

Sungai Musi - Pariwisata Palembang Indonesia
Sungai Musi - Pariwisata Palembang Indonesia

Sungai musi merupakan sebuah sungai yang membelah Kota Palembang menjadi dua bagian bagian, yakni bagian seberang ilir di bagian utara dan seberang ulu di bagian selatan. Mata airnya dari sungai musi bersumber di daerah Kepahiang, Bengkulu dan daerah lainnya di wilayah sumatra selatan. Sungai musi merupakan muara sembilan anak sungai besar, yaitu sungai batanghari, komering, rawas, leko, lakitan, semangus, kelingi, lematang, dan ogan. Sungai musi sangat penting bagi masyarakat palembang karena sebagai salah satu alternatif sarana transportasi dan pariwisata. Hal ini dibuktikan dari banyaknya perahu motor yang mondar-mandir membawa penumpang yang ingin menyeberang dan banyaknya perahu - perahu yang membawa para pelancong baik pelancong luar negeri maupun dalam negeri.

Biasanya pengunjung sungai musi berdatangan ketika menjelang matahari terbenam sebab keindahan matahari terbenam inilah yang mereka cari dan suasana malam yang diterangi lampu-lampu di sekitar sungai musi.

Sungai musi menjadi tempat rekreasi untuk semua kalangan baik itu tua, muda bahkan anak-anak, termasuk wisatawan di luar kota palembang. Ketika bulan Agustus, tepatnya di hari peringatan kemerdekaan Indonesia, di sungai musi diadakan festival air, seperti perlombaan perahu (bidar) yang sudah terkenal samapi ke luar negeri, kontes menghias perahu, perlombaan berenang menyeberangi sungai dan banyak lagi perlombaan - perlombaan lainya.

Sungai yang terletak di tengah Kota Palembang ini merupakan objek pariwisata alam yang sangat murah. Untuk memasuki kawasan ini pengunjung tidak perlu membayar tiket masuk karena sungai musi merupakan kawasan terbuka. Hanya saja jika mereka ingin mengarungi sungai musi mereka perlu membuka kantong untuk jasa transportasi. Pengunjung dapat menyewa perahu motor dengan tarif antara Rp.50.000, sampai Rp.100.000,- tergantung kelihaian penyewa dalam berperang harga (tawar-menawar). Jika pengunjung berada jauh dari Kota Palembang untuk mencapai pusat pariwisata sungai musi pengunjung dapat menggunakan angkutan kota atau bus trans musi dengan jurusan ampera atau pasar 16 ilir.

Sebagai bagian dari kota pariwisata indonesia, palembang juga banyak menyediakan hotel/penginapan dengan tarif yang bervariasi tergantung fasilitas. Sedangkan untuk keperluan makan pengunjung tidak perlu bingung karena di palembang ini terdapat banyak rumah makan, baik yang ada di pinggir sungai, rumah terapung ataupun di tempat lainya. Rumah-rumah makan tersebut menawarkan menu andalannya, seperti pindang ikan patin yang merupakan makanan khas Kota Palembang. Selain itu, di sekitar sungai musi terdapat penjual kerupuk, pempek palembang dan kerajinan-kerajinan tangan, seperti songket dan kain jumputan.



Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment

Beri Kami motifasi melalui komentar...