Monday, July 22, 2013

Masjid Cheng Ho

Masjid Cheng Ho adalah masjid yang mempunyai arsitektur yang menggabungkan antara kebudayaan asli Palembang, Islam, Tionghoa dan Timur Tengah. Seperti pilar masjid yang berwarna hijau menonjolkan arsitektur Tionghoa. Empat pilar di bagian depan membuat suasana pada atap menara mirip pagoda. Di bagian tengah bangunan banyak terdapat pilar besar dan kokoh berwarna ungu. Tampak mewah karena pilar ini mengelilingi bangunan Masjid Cheng Ho. Nama dari masjid ini bukan sekedar nama yang tidak mempunyai makna akan tetapi penamaan masjid ini terilham dari semangat dakwah dan silaturahim yang di contohkan oleh seorang Jendral Muslim berasal dari Tiongkok yang bernama Cheng Ho. Menurut sejarahnya, Jendral Cheng Ho di kirim oleh Kaisar Tiongkok atas permintaan dari kerajaan Sriwijaya yang memimpin Palembang pada masa itu.

Masjid Cheng Ho terletak di kawasan Jakabaring Palembang yang berdiri di atas tanah yang luasnya 5.000 meter persegi, kapasitasnya dapat menampung 600 jemaah. Masjid Cheng Ho Palembang merupakan salah satu dari masjid-masjid Cheng Ho yang sudah berdiri di Indonesia dan Jika di bandingkan dengan masjid-masjid Cheng Ho lainnya Masjid Cheng Ho palembang adalah masjid yang paling besar. Pembangunan Masjid Cheng Ho ini menelan biaya sekitar 4 miliar rupiah. Di lengkapi dengan berbagai fasilitas seperti, RumahTahfidz Alqu’an, kantor pengurus masjid, perpustakaan dan ruang serbaguna.

Masjid yang bernama lengkap Masjid Al Islam Muhammad Cheng Hoo ini lebih dari sekedar tempat ibadah, disini juga menghelat kegiatan-kegiatan agama Islam, pusat berkumpulnya etnis Tionghoa, kegiatan kemasyarakatan dan telah menjadi salah satu objek wisata religi yang menarik para wisatawan baik nusantara maupun mancanegara.


Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment

Beri Kami motifasi melalui komentar...